(Judulnya sok ala-ala clickbait, hahaha)
   Di Perpustakaan Nasional, ada acara dari kedubes Ceylon alias Sri Lanka dengan tajuk: Pesona Sri Lanka. Ada tarian tradisionalnya. Pegawai kedubesnya aku tanyai macam-macam hal. Namanya Madam Samanthi. Btw dari chit-chat sama beliau tanggal 14 Desember kemarin (dan juga aku searching dikit) ini dia 3 hal tentang Sri Lanka yang perlu kita tahu:

Doc. Ist


1.      BEDA SRI LANKA DENGAN INDIA
   Sama-sama negara di Asia Selatan, pamor India memang lebih dominan. Tapi Sri Lanka juga sebuah negara yang menarik. Kalau ada yang masih belum begitu ngeh sama Sri Lanka, itu merupakan salah satu negara yang ada di selatannya India. Mereka serumpun. Meski serupa, namun beda. Kondisinya hampir seperti Indonesia dan Malaysia.

   Jika di India mayoritas penduduknya Hindu dan menggunakan bahasa Tamil. Nah, di Sri Lanka umumnya beragama Budha dan bahasa nasionalnya yaitu bahasa Sighla. Ada sedikit perbedaan budaya antara keduanya. Meski pakaian khasnya sama-sama saree, tapi saree yang digunakan berbeda jenis.

2.      TEH DAN KEBUNNYA
   Teh merupakan salah satu kebanggan warga Sri Lanka, sudah terkenal di berbagai negara. Waktu aku pergi ke (siborong-borong) pustaka dan lihat pamerannya, di salah satu sudut menyediakan teh Sri Lanka. Aku coba minum teh original tanpa gula. Rasanya nggak kelat dan nggak sepat. Nggak seperti teh merah tanpa gula yang biasa aku coba. Aslinya, ada sekitar belasan jenis teh yang diproduksi di Sri Lanka. Jika di Indonesia, kopi yang menjadi gaya hidup masyarakatnya, di Sri Lanka teh-lah yang diminum sehari-hari. 

Dijuluki sebagai jalur kereta api terindah
Doc. Ist


   Kebun teh di sana juga jadi destinasi menarik. Dari Colombo, kamu bisa ke sana dengan kereta api dari. Wajar kalau teh jadi salah satu komoditi utama di Sri Lanka. Karena sebagian besar wilayah di Sri Lanka berhawa sejuk, mirip di daerah penghasil teh di Indonesia, seperti Solok dan Jawa Barat.

3.      MAIN KE SANA
   Aku tanya dong, tempat wisata di sana yang asyik dimana. Tempat yang di-mention pertama kali yaitu Sigiriya Itu tempat dimana pusat kerajaan kuno yang didirikan di sebuah batu yang besar (atau bukit batu). Nah, batu itu pun letaknya di tengah hutan.

Kerajaan Kuno
Doc. Ist


   Kata Madam Samanthi ada jadwal pesawat dari Jakarta ke kota Colombo tiap sore. Biayanya paling mahal sekitar Rp2.500.0000,- Jadi kalau PP sekitar 5 juta untuk biaya tiket pesawat. Di sana, kamu akan disambut oleh ibukota negaranya yang letaknya di tepi laut, dekat pelabuhan. Dari foto yang dipajang di pameran, landscape Colombo bagus. Apalagi kalau malam.

   Menurut Madam Samanthi, waktu terbaik mengunjungi Sri Lanka yaitu di Bulan Juli. Karena cuaca di bulan itu, cerah abees. Nggak ada hujan. Juli-Agustus juga bulan-bulan dimana banyak festival dan pertunjukan yang biasanya menarik minat wisatawan. Misalnya Festival Esala Perahera. Atau pertunjukan fire dance. Kamu juga bisa lihat cara nelayan tradisonalnya memancing (duduk di semacam tonggak yang dipancang di laut.)

Jadi buat yang suka dengan wisata alam dan budaya, dan punya budgetnya. Sok atuh ke Sri Lanka. Tapi sebagai perbandingan, wisata di Sri Lanka terbilang murah dibanding ke negara-negara lainnya.

Lampu tradisional. Kini dinyalakan saat merayakan peringatan kemerdekaan
Doc: Saya


Btw, buat yang masih penasaran, klik link-link ini aja nih untuk more info:



0 Komentar