Sumber: Freepik


 Budaya dengan ambisi yang kuat, melaksanakan kehdupan sehari-hari dengan cepat, dan hustle culture tengah dilakukan oleh sebagian besar orang-orang. Dunia terus melaju dengan berbagai perubahan yang juga cepat. Namun sebagian ada yang memilih untuk menepi. Melambat dari arus.

Seperti beberapa content creator  di bawah ini. Mereka menepi, entah itu kembali pulang ke desanya setelah bekerja di ibukota, ataupun keluar dari pekerjaan yang mapan dan lebih memilih pekerjaan lainnya.

Kulari Kumenunggang Kuda Ke Hutan
Sumber: IntipSeleb


Nah, yuk intip apa aja sejumput dari keseharian sederhana mereka yang dituangkan di video, dan malah disukai banyak orang lho. Karena kadang, hidup sesederhana itu saja, yang penting bisa membuatmu bahagia dan tenang.

 
1.      Li Zi Qi, Keindahan di Pedesaan Sichuan

Sebagian fansnya menyebutnya konten yang ditayangkan Li Zi Qi bagaikan kehidupan peri. Sebenarnya ialah ia menayangkan kehidupan tentang daerah pedesaan, di Sichuan, Tiongkok.

No Mager-mager Club
Sumber:ManoramaOnline


Youtuber ini mulanya menayangkan konten memasak makanan China dengan bahan-bahan yang langsung diambilnya dari alam- konsepnya ialah hidup tanpa uang.

Pada wawancaranya dengan wartawan yang mengunjunginya, Li Zi Qi menceritakan tentang pertanyaan salah seorang murid temannya. Murid itu mengira padi tumbuh dari pohon, layaknya buah mangga ataupun apel.

Hal itu menjadi trigger bagi Li Zi Qi untuk menayangkan proses menghasilkan makanan mulai dari mendapatkan bahan-bahan. Entah itu ia ke sawah, pergi ke hutan memetik buah, atau mengambil telur ayam di kandang halaman rumahnya.

Mengambil Bahan di Hutan
Sumber:Liputan6.com


Konten Li Zi Qi akhirnya berkembang. Tak hanya memasak dan memanen hasil bumi, ia juga memperlihat cara membuat bangku dari bambu, lipstik dan bedak yang dibuat dari mawar, mewarnai baju dengan pewarna alami, dan lainnya.

Yuk Masak
Sumber:Kompasiana.com


Yang membuat kontennya semakin keren, karena dikemas dengan visual dan sinematografi yang mendukung. Dengan alunan musik ringan dan tanpa dialog.

Bagi sebagian oran,  konten Li Zi Qi menimbulkan perasaan yang tenang dan damai. Hingga saat ini channel Youtube Li Zi Qi telah mencapai lebih10 juta di seluruh dunia.

       2Haegreendal, Ibu Rumah Tangga yang Estetik

Saat menonton konten di channel ini, kamu akan menangkap dominan warna coklat. Hal ini memunculkan perasaan hangat dan citraan musim gugur di negara empat musim.

Hangat
Sumber: Youtube


Berbeda dengan Li Zi Qi, Haegreendal bukanlah seseorang yang tinggal di pedesaan, melainkan warga kota yang tinggal di apartemen. Kebanyakan kontennya memperlihatkan kesehariannya di dalam apartemen di Korea Selatan.

Ups, namun jangan salah mengira kontennya akan membosankan. Penonton justru mendapat kesan bahwa ternyata banyak hal yang bisa dilakukan di rumah, dan jika kamu menikmati aktifitasmu, itu sudah bisa membuatmu bahagia (ini bisa dilihat dari kolom komentar ya).


                           
Bento Korea
Sumber: Facetofeet.com

Konten-konten  channel yang setidaknya sudah mempunyai 1,5 juta pengikut di seluruh dunia ini, disajikan tanpa dialog. Hanya teks-teks dengan musik mellow. Namun lagi-lagi itu yang membuat konten Haegreendal terasa menenangkan dan ‘menyembuhkan’.

Konten yang ditampilkan Haegreendal terkadang seputar apa yang dilakukkanya dalam satu hari tersebut, entah itu mencuci, membersihkan rumah, makan bersama dengan keluarga, bermain dengan anak. Sebagian konten tentang memasak.


Bedanya dengan Li Zi Qi, Haegreendal menggunakan alat-alat elektronik yang biasanya ditemukan di rumah-rumah kebanyakan dan bahan makanannya sudah tersedia, tanpa perlu mengambil langsung dari alam.

Estetik
Sumber: Youtube


Hal yang menjadi kelebihan dari Haegreendal, meski ia tak menampilkan tentang pemandangan hutan, pegunungan, ataupun sawah, tapi sudut-sudut rumahnya begitu tertata dengan apik. Ditambah dengan sudur pengambilan gambar yang tepat, membuat konten di channel ini terlihat estetik.


Lagi Jalan-jalan
Sumber:Youtube

 
3.      Meaningful Minimal, yang Menyembuhkan dari Indonesia

Saat menonton konten di channel Youtube ini, kemungkinan kamu akan ingat dengan channel Youtube Haegreendal. Di Meaningful Minimal, kamu akan disajikan dengan tayangan sederhana namun bisa membuatmu tenang.  Tanpa suara dialog, tanpa wajah si content creator yang tampak, dan alunan musik lembut.

Sebenarnya konsep ini dinamakan dengan autonomus sensory meridian response (ASMR), dimana penonton tidak perlu mendengarkan omongan tapi fokus ke mendengar bunyi-bunyian lembut, dengan tujuan dapat menenangkan. 

Tenaang
Sumber; Youtube



Bedanya dari dua channel Youtube sebelumnya, Meaningful Minimal lebih tersurat dalam menampilkan pesan tentang hidup tenang dan minimal, atau yang biasa disebut dengan minimalism.

Minimalism sendiri merupakan pola pikir dan gaya hidup kaum urban yang meminimalisir pola hidup konsumtif dan berlebihan. Gaya hidup tentunya ini sudah diadopsi sejak lama oleh sebagian yang lainnya terutama masyarakat wilayah pedesaan.




Minimal
Sumber: Hipwee


Kembali tentang channel Youtube Meaningful Minimal, mungkin salah satu komentar dari pengikutnya bisa menjadi testimoni sehingga kamu menjadi tertarik untuk singgah: “Aku nonton channel Youtube ini, dan rasanya tenang. Se-healing itu. Terima kasih.”

Oiya, channel Meaningful Minimal btw dari Indonesia lohh... Bangga yey!


Nah, itu dia tiga channel Youtube dengan konten yang ‘menyembuhkan’. Sebenarnya tidak ada yang salah juga dengan budaya kerja keras atau hustle culture. Seperti yang dilakukan banyak oranh terkenal, sebut saja Jeff Bezos, Steve Jobs, dan lain-lain.

Menepi...
Sumber: Crosswalk.com


Namun terkadang, atau entah untuk seterusnya, kita memang butuh untuk menepi. Melambat. Menenangkan diri.

Oke, jadi selain tiga channel di atas, apakah kamu punya rekomendasi channel menyembuhkan yang lainnya? Jika ada, tulis di kolom komentar ya…

Baca juga: https://www.zikradelvi.com/2020/05/the-grand-old-man-lelaki-tua-agung-2.html


36 Comments

  1. Parah sih aku juga sempet ketagihan banget sama Li Zi Qi semua videonya aku tontonin dong.. bener-bener bikin jiwa adem.

    ReplyDelete
  2. Aku malah lihat Li zi Qi bukan dari yutup mba.. awalnya dari video Facebook. Aku suka banget dengan ide kreatif dari alam itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kerens banget mba ,dianya berdamipingan dengan alam

      Delete
  3. aku juga nonton haegreendal sama meaningful minimal. habis nonton mereka biasanya aku jadi pengen beres-beres rumah ahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh,iya mba,,banyak konten beres2 rumahnya.. tapi aestetik banget beres2 rumah versi merekanya,wkwkw

      Delete
  4. Nonton Li Zi Qi membuat aku bercita ntar mau hidup di pedesaan ajah. Cape juga ama hingar bingar kota.
    Haegreendal bisa jadi tontonan asyik buat yang butuh referensi kegiatan berfaedah saat #dirumahaja. Thx nice sharing kak:)

    ReplyDelete
  5. Hustle culture itu apa? Aku pun sedang dalam masa menepi nih tampaknya Vlog yg ketiga, minimal itu, menarik. Makasih berbagi nya ya.

    ReplyDelete
  6. Hustle culture itu mirip2 workaholic.. sampai2 hidupnya ga seimbang, spt kurang istirahat

    Sama2 Pak,,semoga bermanfaat😊

    ReplyDelete
  7. Noted semua mbaaa. Aku jarang banget lihat YouTube. Jarang juga lihat video2 begini. Jadi penasaran baca review teman2. Terimakasih sharingnya

    ReplyDelete
  8. aku suka nontonin Haegreendal, memang bener-bener bagus sih kontennya dan pastinya kreatif banget pengemasannya jadi sesuatu yang menarik, padahal hanya kegiatan sehari-hari tapi jaid enak ditonton dan bikin nagih, bener-bener ibu rumah tangga yang estetik, penasaran sama yang lain juga mba aku buka2 ah nanti

    ReplyDelete
  9. Aku baru nonton yang li zi mba. Senang warna-warna alaminya kluar banget dan kliatans ekali energiknya mba

    ReplyDelete
  10. Aku katrok banget ya sampai gak tahu ketiga channel youtube di artikel ini. Jadi penasaran terutama sama yang penganut minimalism. soalnya aku juga suka ketenangan. intip juga ah.

    ReplyDelete
  11. Aki jarang banget sih liat-liat youtube.. Bisa di coba lah nanti nih

    ReplyDelete
  12. bener banget terkadang kita perlu menepi melambat, saat ini di lingkungan dengan gaya hidup serba fast ini terkadang membuat kita mengharap hasil yang instan juga ya padahal ga semua bisa cepat. jadi penasaran pngen mantengin youtube 3 orang ini deh, thanks sharingnya

    ReplyDelete
  13. noted..nanti sy lihat yutubnya..dari resensinya menarik ya kita bisa pilih sesuai minat kita..mksh sharing info nya

    ReplyDelete
  14. Betul banget kak, pasti ada masanya ketika kita perlu berhenti sejenak dari hiruk pikuk dunia dan masuk goa. Aku juga suka sama kontennya Li Zi Qi, awalnya lihat di explore IG eh terus jadi seneng deh lihatin dia. Kalau dua channel lainnya aku malah belum tahu. Nanti coba mampir ah.

    ReplyDelete
  15. 2 akunnpertama aku tahu dan pernah nonton. Yg meaningful minimal aku baru tahu. Nanti coba aku liat juga ah.

    ReplyDelete
  16. bener bener mantab ini kak konten untuk menenangkan hati dan penyembuhan wajar aja toh banyak subcribers dan like.. salut deh konten positif ini

    ReplyDelete
  17. Aku langganan nonton li zi qi, senang dan adem banget melihatnya! Jadi penasaran kepoin yang indonesia punya nih hehe

    ReplyDelete
  18. Semua YouTuber ini harus tak kunjungi. Aku tuh seringnya "GAK SENGAJA" ngebuka konten-konten beginian, gak pernah secara khusus mengunjungi lamannya. Pernah juga itu YouTuber Jepang yg setiap hari cuma bikin konten sama kucing-kucingnya. Tapi, dia sama kucing-kucingnya itu jalan-jalan ke tempat yg asik-asik dan aduh masya Allah, Jepang gitu loh, alamnya asri, bersih, sungainya bening. Gak banyak dialog tapi kita senang banget nontonnya.

    Nah sekarang ada yg baru. Saya sepertinya tertarik banget sama Li Zi Qi, juga yg kedua dan ketiga. Layak dicoba ini.

    ReplyDelete
  19. Aku naru tau ada youtube channel yang bikin penontonnya tenang setelah lihat. Aku jadi pingin coba nonton apalagi 2 channel teratas itu , siapa tau suasana hatiku jg berubah baik setelah lihat ini.

    ReplyDelete
  20. Waah terimakasih Kak atas rekomendasinya kebetulan aku lagi nyari channel Youtube yang seperti ini hihi

    ReplyDelete
  21. Aku baru tahu yang nomor satu...tengkyu dah kasih rekomendasi konten yang menenangkan dan menyembuhkan begini. Pas bener saat pandemi. Dah males akutu dengan konten yang rame, ribut dan enggak jelas itu...Dan setuju, kadang kita memang butuh untuk menepi, melambat dan menenangkan diri.

    ReplyDelete
  22. Dari tiga konten youtube di atas, aku baru nonton yang Li Zi Qi, suka aja lihat caranya memproses bahan makanan dari alam, jadi penasaran sama konten yang lainnya kayak Heagrendal dan Meaningful Minimalis

    ReplyDelete
  23. sering juga nonton youtube china ini ya, tapi seringnya yang masakan aneh-aneh itu tapi terlihat enak, kalau ini sangat bermanfaat ya bisa untuk dipraktekan dirumah

    ReplyDelete
  24. Bisa juga ternyata ya bikin content video yang menenangkan begini. Ada juga segmennya yang membutuhkan menonton tanpa suara, hanya alunan musik nan tenang dan mendamaikan.

    ReplyDelete
  25. Yang Li Zi Qi ini aku pernah nonton.
    Rasanya aga jomplang gak sih...ketika dia menunjukkan sisi nature nya tapi dalam bentuk video yang apik...?

    **aku mo bilang settingan kok gak enak yaah...heuu~

    Harusnya seperti film dokumenter yang apa adanya...
    Ini hanya pemikiranku.
    Tapi pas nonton tetap terpesona dan menginspirasi.

    ReplyDelete
  26. Saya pernah nonton channel Li Zi Qi. Duh terkagum-kagum dibuatnya. Ada ya wanita yang kayak gitu, jago masak bukan hanya sekedar masaknya tapi sekalian bercocok tanam dan memanennya. Dia juga pintar jahit, bertukang, bikin ini itu. Duh mbak e, kamu kok hampir sempurna. Hahaha. Salut juga sama tim dibalik layarnya. Pengambilan gambarnya bagus banget.

    ReplyDelete
  27. Nonton ketiga channel ini membuat hatiku tenang setenang musik yang dialunkan. Sukaaa deh.

    ReplyDelete
  28. aku sering nonton konten li zi qi mbak. suka banget dengan suasana pedesaannya. jadi pingin pulkam deh kalau lihat videonya

    ReplyDelete
  29. Waah saya belum pernah nonton nih. Tapi dari resensi yang saya bca sih bagus juga. Jadi penasaran buat nonton nih...

    ReplyDelete
  30. aku baru tau nih ada channel youtube ini, mau coba nonton aha...thank u mbak

    ReplyDelete
  31. Ah, aku jadi tertarik. Lihatnya bakal adem banget kayaknya. Btw penasaran juga, pengen tau agar termotivasi berberes.

    ReplyDelete
  32. Serius, saya baru tau mbak adanya channel menyembuhkan ini. Jadi saya blm punya referensi channel penyembuhan spt yg mbak Zikra tau

    ReplyDelete