Makin kencang ya gelombang Hallyu menyapu dunia. Mulai dari yang addict sampai yang sekedar nonton beberapa drama yang lagi up. Sedikit banyaknya orang-orang di dunia mulai tahu karakteristik yang dimiliki oleh Negara Ginseng ini, termasuk 7 hal inspiring yang bisa dicontoh dari Korea.

Apa aja 7 hal inspiring itu? Ini dia....

Sumber: Agoda


1.       Nasionalisme tinggi

Korea mempunyai sejarah kelam ketika Jepang menjajah Negara mereka. Hingga saat ini orang-orang Korea masih sangat marah akan kejadian di masa lalu itu.

Pernah dikisahkan ada seorang WNI yang sedang berada di Korea, mencari barang elektronik dan menanyakan merk Jepang di sebuah toko. Hal itu justru membuat penjualnya menjadi marah dan berkata pada WNI tersebut bahwa produk Korea lebih baik dan nomor 1.

 

2.      2. Cinta produk local

Masih relate sama poin sebelumnya. Orang Korea sangat mencintai produk lokal mereka. Mereka percaya bahwa produk-produk Korea adalah yang terbaik, dan tetap akan membelinya meski tahu bahwa kualitasnya bahwa buruk. Semua itu mereka lakukan untuk mendukung negara mereka. 

Ada kisah sebuah perusahaan elektronik dengan produk buruk dan harga yang mahal karena proses pengembangan. Meski begitu, produk mereka tetap laku karena rakyat Korea tetap memilih untuk membeli produk lokal. Hal ini menjadikan perusahaan tersebut bertekad untuk terus melakukan perbaikan dan inovasi agar produk mereka dapat berkualitas baik dan dapat mereka jual dengan harga murah untuk rakyat di negaranya. Jadi terhura… :’)

 

3.      3. Budaya pali-pali dan disiplin

Yup, orang Korea itu disiplin dan terkenal dengan budaya pali-pali alias cepat-cepat. Hal ini dikarenakan Korea yang nggak memiliki SDA yang bisa dimanfaatkan di negara mereka, sehingga rakyatnya harus bekerja keras agar bisa menjadi survive dan maju. Hal ini bisa dilihat hasilnya kini. Meski sama-sama merdeka di Agustus 1945, Korea tergolong lebih maju dari Indonesia. di berbagai bidang. Seperti ekonomi, teknologi, dan lainnya. 

 

4.       4. Standard dan kreatifitas yang tinggi

Korea sepertinya memang memiliki standar yang tinggi. Bisa dilihat dari infrastruktur dan tata kota yang api. Selain itu industry kreatif Korea berkembang sangat pesat dengan para talent yang multitalenta dan tim yang berjuang agar mereka dapat mehasilkan karya yang terbaik. Hal ini menjadikan industry kreatif di Korea naik dan dalam waktu 20 tahun bisa membuat karya-karya mereka mempunyai basis penggemar dari berbagai negara.

 

5.       5. Visioner

Ada sebuah kisah terkenal di tahun 1992. Ada seorang profesor dari Indonesia yang ditanya oleh mahasiswa Korea semester awal tempat ia menjadi dosen tamu. Mahasiswa itu bertanya:

"Kapan Indonesia menjadi negara nomor 1?"

Profesor yang kebingungan untuk menjawab pertanyaan itupun balik bertanya, "Hmm, kapan Korea menjadi negara nomor 1?"

Mahasiswa Korea itupun menjawab: "Tahun 2005."

Di tahun 2005, Korea belum menjadi negara nomor 1. Tapi ia sudah berada di jajaran rangking atas dari negara maju. 


6.       6. Bersih

Layaknya negara maju lainnya, manajemen sampah di Korea juga sudah baik. Mereka memilah sampah sesuai dengan jenisnya. Ingat film Start Up ketika salah satu tokoh tidak bisa membuang pot berisi tanaman? Mereka memisah-misahkan sampah untuk memudahkan saat proses daur ulang.

 

7.       7. Teknologi maju

Ditambah dengan dukungan dari rakyatnya, sukses membuat perkembangan teknologi di Korea sangat pesat. Mereka sudah mempunyai berbagai produk teknologi yang bahkan sudah terkenal di pasar internasional. Sebut saja Coway, Samsung, LG, Hyundai, atau aplikasi seperti LINE dan lainnya. Sebentar, sebentar. Jika ditanya, apakah mereka terkenal di bidang hi-tech atau elektronik saja? Tentu tidak. Mereka sudah memulai inovasi dan mengekspor dari peralatan rumah tangga, skin care, jaringan bioskop, retail, restoran dan lain-lain.

 

8.       8. Sangat memperhatikan kesehatan

Sebelum K-Wave melanda, Korea lebih dikenal sebagai Negeri Ginseng, Selain karena rempah ini memang berasal dari sana, warganya pun turut rajin mengkonsumsinya untuk kesehatan. Masyarakat Korea juga gemar mengkonsumsi bawang putih dan kimchi yang terbuat dari sayur-sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan.


***

Itu delapan hal inspiring dari Korea. Meski keadaan mereka saat merdeka jauh lebih sulit minim sumber daya alam, namun rakyat Korea bisa membuktikan kepada dunia mereka berada di jajaran negara maju. Jika kita mau, kita seharusnya bisa melampaui mereka ya... 

0 Comments