Tidak hanya mendaki dan melihat sunrise di puncak gunung. Ataupun merasakan atmosfer kebersamaan dan gotong-royong bareng teman juga keluarga.

Saat ke gunung, bisa jadi kita nemuin berbagai keunikan seru. Entah itu dari sisi fenomena alamnya, atau pengalaman yang bisa didapat. Sehingga kadang saat melihat fotonya, kita bisa langsung tahu lokasi pengambilan foto itu ada di gunung apa. Nah berikut ini ada enam gunung yang punya keunikan masing-masing. Yuk telusuri…



Pict: Phinemo.com

 
1. Masuk ke Dunia Dongeng Hutan Lumut, Gunung Singgalang

Di sini kamu bisa ngerasain masuk ke dunia dongeng seperti yang ada di film The Hobbit nih. Di jalur pendakian Gunung Singgalang ang terletak di Sumatera Barat, kita akan menemukan area hutan lumut yang serba hijau. Lumut tak hanya menutupi pepohonan, namun juga batu dan tanah di area itu.

Selain digunakan sebagai  tempat peristirahatan, area hutan lumut ini juga bisa menjadi spot yang instagenic. Nah, jika tertarik untuk mampir ke sini, bisa menggunakan jalur pendakian dari Pandai Sikek, ya.

 
2. Salju Abadi di Garis Khatulistiwa, Gunung Jayawijaya

Ini dia satu-satunya wilayah di Indonesia yang dihampari salju. Yaitu Gunung Jayawijaya di Mimika, Papua Barat. Di lereng gunung, ada gletser yang juga menjadi satu-satunya gletser di Indonesia.

Gunung Jayawijaya dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.884 mdpl dan puncaknya masuk ke jajaran Seven Summith dunia. Sempat dijuluki sebagai salju abadi, nyatanya salju di puncak Jayawijaya ini makin lama makin menyusut karena pemanasan global. Yah…

 

3. Danau Tiga Warna yang Eksotis, Gunung Kelimutu

Tiga buah danau yang tetanggaan dan warnanya berubah-ubah. Fenomena ini bisa dilihat saat berkunjung ke Gunung Kelimutu yang terletak di Ende, Nusa Tenggara Timur. Ketiga danau yang berada di kawah gunung itu mempunyai warna yang berbeda dan sepanjang tahun warna pada masing-masing danau juga senantiasa berubah-ubah.

Warna merah pada air di kubangan pertama dapat berubah menjadi hijau tua dan merah hati. Di kubangan kedua yang berwarna hijau tua dapat menjadi hijau muda, sementara di kubangan ketiga air yang berwarna coklat kehitaman dapat berubah menjadi warna biru langit.

 

4. Hamparan Bunga Daisy, Gunung Prau

Gunung Prau di Banjarnegara termasuk salah satu gunung yang sering dipilih oleh pendaki pemula. Selain karena tingginya yang masih berkisar di 2.565 mdpl, gunung ini juga mempunyai jalur pendakian yang cukup ringan dan golden sunrise yang keren.

Di area mendekati puncak gunung, semakin lama akan semakin terlihat hamparan bunga daisy dengan bentuk mungil yang kaya warna. Bunga ini memiliki nama latin Bellis Perennis yang berarti cantik dan abadi. Selain itu bunga ini uga memiliki khasiat yang bagus untuk kecantikan dan kesehatan lho…

 

5. Blue Fire dan Penambang Belerang, Gunung Ijen

Dalam beberapa tahun terakhir ini Gunung Ijen makin dikenal oleh wisatawan berbagai negara. Di kawah gunung ini terdapat salah satu dari dua blue fire yang ada di dunia. Di kawah gunung ini juga terdapat aktivitas penambangan belerangan.

Selain itu saat menanjak di Gunung Ijen, tak perlu merasa khawatir kelelahan atau tak bisa mencapai puncak. Ada penambang yang bertranformasi sebagai pendorong troli yang siap mengangkut dan mengantarkan para pendaki ke puncak. Jadi meski di gunung, tetap bisa nyantai seperti di pantai.

 

6. Bertemu Bagas, Gunung Cikuray

Jika mendaki Gunung Cikuray, ada kemungkinan diuber-uber bagas alias babi ganas.Meski bukan satu-satunya gunung yang dihuni oleh bagas, namun keberadaan bagas di Cikuray cukup banyak diketahui di kalangan pendaki lho.  Sebagian pendaki bukannya menganggap si babi ganas ini ancaman, namun malah menjadi salah satu ‘hiburan’ yang bisa didapat di Gunung Cikuray. Meski jika ‘beruntung’ bertemu dengannya, harus tetap waspada dan siap-siap untuk memanjat pohon agar tidak diseruduk ya.


Itu dia enam gunung dengan keunikannya masing-masing. Dengan berbagai keunikannya, ada vibe berbeda yang didapat di gunung tersebut. Kamu juga punya hal-hal menarik tentang gunung-gunung lainnya yang ada di Indonesia? Bisa komen di kolom komentar ya...

0 Comments