Dok. Pribadi


Biodata
Nama Lengkap : Siti Khairani Elhakim, SP, M.Si
Aktivitas sekarang : Penyiar
Cita-cita : Jadi orang sukses, berguna bagi nusa, bangsa dan agama serta bahagia dunia dan akhirat

Prestasi
1. Lulusan Terbaik Fakultas Pertanian (Magister Sains) Universitas Andalas
pada Wisuda III Tahun 2017
2. Lulusan Terbaik Fakultas Pertanian (Sarjana Pertanian) Universitas Andalas pada Wisuda II Tahun 2016
3. Lulusan Terbaik Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Andalas pada Wisuda II Tahun 2016
4. Bintang Aktivis Kampus Fakultas Pertanian pada Wisuda II Tahun 2016
5. Juara III Lomba Karya Tulis Ilmiah Pertanian Tingkat Nasional (2014)
6. Juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah Pertanian Tingkat Regional DPW I POPMASEPI (2013)
7. Aktivis Putri SMA Negeri 1 Payakumbuh (2012)
8. Juara 2 Kategori Kata (Karate) Perorangan Putri Tingkat Kab. 50 Kota (2008)

Organisasi
1. Wakil Sekretaris Jendral Ikatan Alumni Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Andalas (2017 – 2022)
2. Riset and Development (R & D) KLIKAGRI (2016)
3. Volunteer Minangkabau Business School and Entrepeneurship Center (MBS-EC) (2016)
4. Marketing Agriculture Voluntary School Social Entrepreneurship Community (AVS-SEC)(2016)
5. Volunteer Altruistic Community (2016)
6. Dewan Redaksi UKPM Genta Andalas Universitas Andalas (2015)
7. Event Organizer UKPM Genta Andalas Universitas Andalas (2014 – 2015)
8. Wakil Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Andalas (2014 – 2015)
9. Sekretaris Divisi Hubungan Masyarakat Himpunan Mahasiswa Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Andalas (2013 – 2014)
10. Staf Departemen Seni Budaya dan Keterampilan Asosiasi Mahasiswa Asrama (2012 – 2013)
11. Sekretaris Umum OSIS SMA Negeri 1 Payakumbuh (2010-2011)
12. Bidang English OSIS SMA Negeri 1 Payakumbuh (2009-2010)
13. Anggota Komunitas Pemuda/Pemudi Kecamatan Harau Lima Puluh Kota (2007-sekarang)
14. Bendahara Umum Karateka Lima Puluh Kota (2008-2009)
15. Bidang PSDM OSIS SMP Negeri 1 Kecamatan Harau (2008-2009)
16. Anggota Rohis SMP Negeri 1 Kecamatan Harau (2008-2009)
17. Bidang English OSIS SMP Negeri 1 Kecamatan Harau (2007-2008)

Jejaknya
Siti Khairani Elhakim, nama panjang gadis manis yang baru saja diwisuda pada program gelar Magister Sains di Universitas Andalas pada Agustus lalu. Tepatnya setelah ia menyelesaikan tesisnya tentang ‘Analisis Efektivitas LKMA dalam Mendukung Permodalan Petani dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Efektivitasnya di Kabupaten Limapuluh Kota’. Padahal usianya saat itu baru saja genap 23 tahun. Rani, sapaan akrabnya, mendapat beasiswa fast track dari pemerintah, dimana penerima beasiswa dapat menjalani kuliah dengan program percepatan sehingga dapat menjalankan S1 dan S2 hanya dalam jangka waktu lima tahun.

Setelah wisuda S1 pada Mei 2016 dan langsung melanjutkan studi S2, Rani bukannya hanya disibukkan oleh kuliahnya saja. Namun ia dengan pintar memanajmen waktunya dan bahkan berkarir sebagai penyiar di TVRI Sumbar, belum lagi dengan berbagai organisasi yang digelutinya. Tercatat belasan organisasi telah diikuti Rani. Sejak di bangku sekolah ia sudah terbiasa berorganisasi, bahkan saat perpisahan SMA, gadis yang kini diamanahkan sebagai Wakil Sekjen Ikatan Alumni Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Unand ini dianugerahi predikat sebagai Aktivis Putri Smansa Payakumbuh.

“Organisasi adalah dunia belajar/kuliah tanpa guru/dosen. Di organisasi berhubungan dengan senior, teman, dan adik kelas. Acara, masalah, dan penyelesaian masalah adalah guru paling berharga untuk melatih diri menjadi lebih matang,” tuturnya.

Bahkan kesibukan Rani yang kini menjadi penyiar, salah satunya didorong berkat bergabungnya ia di organisasi pers mahasiswa Genta Andalas Unand yang membuatnya tertarik dengan jurnalistik. Pernah berkecimpung sebagai pers mahasiswa, ia berkesempatan untuk bertemu banyak orang, mencari tahu tentang segala sesuatu dan tahu akan banyak hal. Menurutnya setiap hari hidup harus diupgrade agar bisa mengikuti perkembangan informasi yang ada. Salah satu program yang dipegangnya di TVRI yaitu Ranah Tani. Untuk program yang berhubungan dengan pertanian tersebut, Rani mengaku merasa senang karena diberi kesempatan yang besar untuk mengaplikasikan pengetahuannya tentang pertanian.

Pasca diwisuda program magister, gadis asal Limapuluh Kota ini mengatakan akan terus berupaya memberikan kontribusi terhadap pertanian. Ia banyak terlibat dalam penelitian dosen, berdiskusi, belajar banyak dari petani dan berupaya mencari tahu apa masalah dan bagaimana perbaikan yang seharusnya dilakukan.

Mengingat pertanian di Indonesia dan kesejahteraan petani yang rata-rata masih berada di bawah garis kemiskinan, Rani menanggapi:
No farm, no food. No food, no life. Kalau nggak ada petani, kita mau makan apa? Pertanian di Indonesia butuh integrasi yang serius, gigih, totalitas dan bersungguh-sungguh dari seluruh stakeholder yang terkait dari hulu ke hilir hingga ke penunjangnya butuh perhatian yang serius.”

Gadis yang juga menyukai karya tulis karena dapat menuangkan ilmu dan gagasan tersebut, berharap para lulusan Pertanian yang sudah sering bertemu dengan petani dan sudah banyak tahu mengenai kondisi pertanian, memiliki strategi tertentu yang jitu untuk memberikan kontribusi terhadap pertanian di Indonesia.

Berkutat di dunia akademis dan berhasil mendapatkan gelar master, serta dipenuhi mimpi-mimpi dan disibukkan dengan pekerjaan juga organisasi, Rani mengaku bahwa sugesti dan motivasi dari orang tua berkontribusi cukup besar dalam hidupnya, karena bisa membangun pola pikir serta hidup menajdi lebih terarah, karena menurutnya manis pahitnya hidup sudah dilalui terlebih dahulu oleh orang tua.

“Kemarin adalah sejarah. Hari ini adalah anugerah. Esok adalah misteri karena itu mari berani bermimpi besar, usaha maksimal, berdoa dan bertawakal padaNya. Insyaallah yang sungguh-sungguh akan mendapat,” pungkas Rani.



Semoga dapat makin berkontribusi dan mengabdi Sang Master Muda

0 Comments