(Judulnya sok ala-ala clickbait, hahaha)
   Di Perpustakaan Nasional, ada acara dari kedubes Ceylon alias Sri Lanka dengan tajuk: Pesona Sri Lanka. Ada tarian tradisionalnya. Pegawai kedubesnya aku tanyai macam-macam hal. Namanya Madam Samanthi. Btw dari chit-chat sama beliau tanggal 14 Desember kemarin (dan juga aku searching dikit) ini dia 3 hal tentang Sri Lanka yang perlu kita tahu:

Doc. Ist


1.      BEDA SRI LANKA DENGAN INDIA
   Sama-sama negara di Asia Selatan, pamor India memang lebih dominan. Tapi Sri Lanka juga sebuah negara yang menarik. Kalau ada yang masih belum begitu ngeh sama Sri Lanka, itu merupakan salah satu negara yang ada di selatannya India. Mereka serumpun. Meski serupa, namun beda. Kondisinya hampir seperti Indonesia dan Malaysia.

   Jika di India mayoritas penduduknya Hindu dan menggunakan bahasa Tamil. Nah, di Sri Lanka umumnya beragama Budha dan bahasa nasionalnya yaitu bahasa Sighla. Ada sedikit perbedaan budaya antara keduanya. Meski pakaian khasnya sama-sama saree, tapi saree yang digunakan berbeda jenis.

2.      TEH DAN KEBUNNYA
   Teh merupakan salah satu kebanggan warga Sri Lanka, sudah terkenal di berbagai negara. Waktu aku pergi ke (siborong-borong) pustaka dan lihat pamerannya, di salah satu sudut menyediakan teh Sri Lanka. Aku coba minum teh original tanpa gula. Rasanya nggak kelat dan nggak sepat. Nggak seperti teh merah tanpa gula yang biasa aku coba. Aslinya, ada sekitar belasan jenis teh yang diproduksi di Sri Lanka. Jika di Indonesia, kopi yang menjadi gaya hidup masyarakatnya, di Sri Lanka teh-lah yang diminum sehari-hari. 

Dijuluki sebagai jalur kereta api terindah
Doc. Ist


   Kebun teh di sana juga jadi destinasi menarik. Dari Colombo, kamu bisa ke sana dengan kereta api dari. Wajar kalau teh jadi salah satu komoditi utama di Sri Lanka. Karena sebagian besar wilayah di Sri Lanka berhawa sejuk, mirip di daerah penghasil teh di Indonesia, seperti Solok dan Jawa Barat.

3.      MAIN KE SANA
   Aku tanya dong, tempat wisata di sana yang asyik dimana. Tempat yang di-mention pertama kali yaitu Sigiriya Itu tempat dimana pusat kerajaan kuno yang didirikan di sebuah batu yang besar (atau bukit batu). Nah, batu itu pun letaknya di tengah hutan.

Kerajaan Kuno
Doc. Ist


   Kata Madam Samanthi ada jadwal pesawat dari Jakarta ke kota Colombo tiap sore. Biayanya paling mahal sekitar Rp2.500.0000,- Jadi kalau PP sekitar 5 juta untuk biaya tiket pesawat. Di sana, kamu akan disambut oleh ibukota negaranya yang letaknya di tepi laut, dekat pelabuhan. Dari foto yang dipajang di pameran, landscape Colombo bagus. Apalagi kalau malam.

   Menurut Madam Samanthi, waktu terbaik mengunjungi Sri Lanka yaitu di Bulan Juli. Karena cuaca di bulan itu, cerah abees. Nggak ada hujan. Juli-Agustus juga bulan-bulan dimana banyak festival dan pertunjukan yang biasanya menarik minat wisatawan. Misalnya Festival Esala Perahera. Atau pertunjukan fire dance. Kamu juga bisa lihat cara nelayan tradisonalnya memancing (duduk di semacam tonggak yang dipancang di laut.)

Jadi buat yang suka dengan wisata alam dan budaya, dan punya budgetnya. Sok atuh ke Sri Lanka. Tapi sebagai perbandingan, wisata di Sri Lanka terbilang murah dibanding ke negara-negara lainnya.

Lampu tradisional. Kini dinyalakan saat merayakan peringatan kemerdekaan
Doc: Saya


Btw, buat yang masih penasaran, klik link-link ini aja nih untuk more info:



26 Comments

  1. Ahhh, Sri Langka ini salah satu negara yang sering luput dari incaran traveler ya, padahal tidak kalah menarik dan eksotif dengan negara-negara tetangganya

    ReplyDelete
  2. Bagus banget view kerajaan kuno Sri Lanka ini kak Zikra. Sebenarnya potensi wisatanya besar ya.. cuma masih kurang ekspos.

    ReplyDelete
  3. 5 juta sudah pp ke Sri Lanka, dan Juli paling pas ke sana. Noted! Enaknya ke luar negeri tiket lebih murah daripada tiket domestik. Hiks. Ini yang bikin wisatawan senang melancong ke luar daripada negeri sendiri. Ke Labuan Bajo aja 4 juta pp. Duh! Menarik sekali Sri Lanka ini, bisa jadi wish list ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Dian. Apalagi saya yang dari Medan. Lebih murah ke Sri Lanka. Tapi kalo saya ke labuan bajo mahal amiiit loh..

      Delete
  4. Pelesir ke Sri Lanka rasanya bisa jadi salah satu daftar liburan, terlebih cerita tentang kerajaan kuno di atas sebuah batu, ini sangat menarik bagi saya.

    ReplyDelete
  5. Kalau ngomomgin Sri Lanka emang aku ingatnya India mba hahaha ya semacam Indo yang berdekatan sama Malay gitu ya, masih satu rumpun. Kalau ada budget aku sih juga mau keliling Sri Lanka melihat kebun teh dan pariwisata di sana, pasti seru

    ReplyDelete
  6. Dari Colombo, kamu bisa ke sana dengan kereta api dari? Mohon info nya hehe... untuk Asia timur bagian ini aman gak sih mbak? entahlah, dalam pikiran saya kayak ga aman aja gitu, apalagi pendukung transportasinya?

    ReplyDelete
  7. Waaah, saya baru tau mbak soal lampu kemerdekaan yg hanya nyala saat hari kemerdekaan,.jadi pengen kesana buat liat sendiri lampunya. Bagus ya

    ReplyDelete
  8. Sri Langka ini memang seperti tertutupi oleh kemegahan India ya mba. Dan ternyata potensi wisatanya juga ga kalah menarik dengan India ternyata. Btw mungkin makanannya ga jauh beda dengan India kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di sana mayoritas Budha, mungkin banyak yg vegetarian yaaa, sama kayak di Bhutan.

      Delete
  9. India Sri Lanka dan Bangladesh itu hampir mirip-mirip. Saya baru tahu ternyata Sri Lanka ini punya destinasi wisata alam yang menakjubkan

    ReplyDelete
  10. Dulunya aku sempat berfikir kalo Sri Lanka ini bagian dari India juga. Ternyata baru tau kalo beda ya agama dan bahasa nya.

    Itu view kerajaan kuno nya keren sekali ya. Gak kalah sama kemegahan India

    ReplyDelete
  11. Jadi penasaraaaaan sama Ceylon. Paling tertarik sama bangunan bersejarah kek gini emang.

    ReplyDelete
  12. Salfok sama jalur kereta apinya, emang indah banget. Selama ini kan naik kereta api gaka da pemandangan cantik apalagi kalau bawah tanah wkwkw

    ReplyDelete
  13. Aku justru kalo disuruh milih wisata ke luar negeri, ya begini, pengennya ke negara-negara antimainstream. Daripada ke India mending ke Sri Lanka, dari pada ke Australia mending ke New Zealand, dari pada ke Maldive mending ke Kiribati. Hehehe. Dulu tahunya Sri Lanka itu dari buku RPUL, dikenal sebagai negara donor mata tertinggi di dunia. Saya jadi kepo juga kenapa rakyat Sri Lanka itu kalau meninggal pada suka mendonorkan korneanya sih? Jadi kepengen tahu lebih lanjut. Asik juga kali yaaa kalo diceritain.

    ReplyDelete
  14. Jalur KA di Sri Langka terindah ya woww pasti keren banged bs naik transportasi kanan-kirinya pemandangan yg bagus yaa... Btw Ceylon ini terkenal dg tehnya ya, noted

    ReplyDelete
  15. Menarik mb, tapi wisata di sana serem kayak di India ga ya? Angka kriminalitasnya tinggi tidak sri lanka tu ?

    ReplyDelete
  16. Asik banget yaaa bisa ke Sri Lanka, as banget nih bulan Juli mbak Zikra.. Kuy lah, kapan nih kita kesana bareng??

    ReplyDelete
  17. Sri Lanka, melihat pemandangan yang terindah jadi tertarik pingin naik keretanya. Tapi jauhnya, haha ...

    ReplyDelete
  18. Mbak... Aku pengen deh keliling ASEAN, duh sayangnya baru kesampean ke Bangkok dan Cambodia, Malaysia dan Singapore aja, ke Sri Lanka dan lain lainnya belum. Kayak masih bingung gitu mau kemana. Untungnya mbak bahas di tulisan ini. Kapan2 aku konsul yaaak hehe

    ReplyDelete
  19. Krajaan kuno: destinasi yang kutemuii di film Dan buku.. Smg bisa main ksini.. Kece nih viewnya

    ReplyDelete
  20. Terimakasih infonya, menambah informasi buat saya

    ReplyDelete
  21. Kapan ya bisa jalan-jalan lagi. Itu kerajaan kunonya di atas batu besar. Gimana caranya bisa ke sana? Ngeriii

    ReplyDelete
  22. Indah ya pemandangan alam di Sri Lanka. Aku baru tahu kalau pakaian tradisionalnya samaan ya sama India pake saree. Walaupun ada perbedaannya. Berharap suatu hari nanti bisa ke Sri Lanka deh

    ReplyDelete
  23. Baru sekali ini aku tahu kalau Sri Lanka juga unggul dari perkebunan teh-nya. Gak nyangka! Kerajaan kunonya juga unik ya. Gak kayak kerajaan2 kuno pada umumnya.

    ReplyDelete
  24. Ternyata Srilanka pemandangan alam dan destinasi wisatanya bagus2 ya mana tiket pesawat ppnya murah lg.. hmm hrs masuk bucketlist nih..

    ReplyDelete