Ada wilayah yang namanya Asia Tengah? Lokasinya dimana sih?

Sebagai orang Indonesia, literatur dan berita tentang negara-negara di Asia Tengah terbilang minim. Bahkan mungkin hanya sedikit yang hafal apa saja negara yang ada di wilayah ini. 


Salah satu sudut kota tua di pagi hari
Source: IDN Times

Meski begitu, banyak hal-hal dan tempat keren lho di wilayah ini. Nah, yuk lihat dulu fakta menarik tentang Asia Tengah:

1.   1. Bentuk fisik penduduk    

    Masyarakat di daerah Asia Tengah mempunyai karakteristik yang cukup beragam. Penduduk di wilayah timur yang bersebelahan dengan Tiongkok, Mongolia, dan Tibet mempunyai ciri-ciri fisik ras Mongoloid. 

    Sementara makin ke barat yang mendekati Eropa, penduduk Asia Tengah juga makin mempunyai ciri-ciri ras dari Kaukasia.  


Cukup beragam ya ciri-ciri fisiknya
Source: Kaskus

 2. Negara dengan akhiran – stan

    Jadi ingat sekolah kedinasan yang lokasinya di Bintaro. Tapi kali ini kita bukan bahas sekolah plat merah ya, tapi tentang nama negara-negara di Asia Tengah yang hampir serupa. Istilah –stan sendiri berasal dari bahasa Persia yang berarti negeri atau kota. 

    Terdapat lima negara Asia Tengah dan semuanya berakhir dengan kata –stan; yaitu Kazakhstan, Kirgistan, Turkmenistan, Tajikistan, dan Uzbekistan.

Peta Asia Tengah
Source: Wikipedia

    Bagi pecinta puisi Taufik Ismail, pasti tau salah satu puisi beliau yang berjudul Beri Daku Sumba:

Di Uzbekistan, ada padang terbuka dan berdebu

Aneh, aku jadi ingat pada Umbu~

Beri daku sepotong daging bakar, lenguh kerbau dan sapi malam hari

Beri daku sepucuk gitar, bossa nova dan tiga ekor kuda~


3. Sejarah panjang

    Asia Tengah dengan kontur geografi berupa padang-padang yang luas, membuat penduduk mereka menjadi kaum-kaum nomad. 

    Sejak zaman dahulu sudah terdapat kota-kota yang didirikan oleh Kerajaan Persia dan Makedonia, hingga pada 329 SM wilayah ini dikuasai oleh Alexander Agung yang menyebarkan peradaban helenistik.

 

Genghis Khan, Penguasa dari Mongol
Source: Konfrontasi

    Setelahnya muncul dan mundur kerajaan maupun kekuasaan luar di Asia Tengah ini. Mulai dari kerajaan-kerajaan kecil, dinasti-dinasti Tiongkok, Kekaisaran Tibet, pasukan Turki, Kerajaan Islam, Kerajaan Stepa dengan penguasa Genghis Khan, Ekspansi Kekaisaran Rusia, hingga Era Soviet yang berakhir di 1991. 

    Setelahnya, wilayah Asia Tengah terbagi menjadi lima negara Kazakhstan, Kirgistan, Turkmenistan, Tajikistan, dan Uzbekistan.

    Dengan sejarah panjang tersebut, terdapat banyak kota kuno, di antaranya yang dilalui perdagangan Jalur Sutera. Pun terdapat banyak pengaruh kebudayaan dan juga kepercayaan. Mulai dari Budha, Zoroaster, Kristen, dan Islam.

 

 4. Kembali ke masa lalu

    Terdapat banyak kota-kota tua di daerah Asia Tengah yang kaya akan arsitektur kunonya. Tak hanya itu, di ibukota Turkmenistan yang terbilang modern bahkan dengan mudah ditemukan penduduk yang memakai pakaian tradisional. 

    Sementara di daerah rural atau daerah pinggiran, masih bisa ditemui penduduk suku-suku nomaden. Salah satu dari sedikit kaum nomad yang tersisa di bumi.


Pingin coba nginap dalam tenda kaum nomad di padang-padang luas
Source: Bobo

 

5. Kaya energi

    Uranium, emas, minyak, gas bumi, dan mineral. Itu semua terdapat dalam perut wilayah Asia Tengah tersebut. Kota-kota modern miliki mereka rata-rata dibangun dari mengandalkan sumber daya energy tersebut.

Kota dengan desain futuristik, keak di film fiksi ilmiah
Source: Russia Beyond


 6. Penggunaan Bahasa Rusia

    Nah, bagi kamu yang berencana travelling ke Asia Tengah, perlu diingat bahwa penggunaan bahasa Inggris masih minim di sini. 

Penduduk setempat berkomunikasi dengan bahasa lokal mereka. Serta karena pecahan Soviet, bahasa negeri Lenin tersebut juga dapat ditemukan di sini. Privet ~

Coba tulis nama kamu dengan aksara Cyrilic
Source: Kompasiana.com 


7. Ramah

    Sebagian penduduk Asia Tengah terbilang sangat  ramah dan memuliakan tamu. 

    Ada suatu kisah, saat seorang traveler dari Indonesia bernama Agustinus Wibowo datang berkunjung ke suatu desa. Di pasar, terdapat undangan pesta pernikahan dan siapapun boleh datang.

Dengar kisahnya pertama kali di acara Kick Andy
Source: Kompasiana.com


    Traveler tersebut menjalani shalat Jumat dahulu sebelum akhirnya dengan rasa penasaran mendatangi tempat pesta. Hanya saja acaranya telah usai. Akhirnya tuan rumah, mengulang kembali prosesi pernikahan dari awal, semata-mata untuk traveler Indonesia tersebut.


Itu dia tujuh fakta menarik tentang Asia Tengah. Kamu juga tertarik untuk melakukan travelling ke daerah ini? Yuk baca artikel selanjutnya di artikel berikutnya. Nantikan ya...